Aplikasi E-Rapor SMP Kurikulum 2013 Terintegrasi Dapodik

Aplikasi E-Rapor SMP Kurikulum 2013 Terintegrasi Dapodik – Panduan ini berisi tentang aplikasi e-Rapor SMP berbasis web, yang memuat tentang mekanisme hingga kewenangan dari pengguna aplikasi e-Rapor tersebut. Secara rinci juga dijelaskan tentang panduan penggunaan e-Rapor SMP untuk Admin, Guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan dan Konseling, Wali Kelas, dan Peserta Didik. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam menggunakan aplikasi e-Rapor dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik.

Download DISINI Aplikasi E-Raport SMP Kurikulum 2013 terintegrasi Dapodik

Aplikasi E-Rapor SMP Terintegrasi dengan Dapodik

Proses penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan aplikasi e-Rapor SMP yang terintegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan penggunaannya.

A. Aplikasi e-Rapor SMP berbasis Web

E-Rapor SMP adalah aplikasi berbasis web, di mana dalam satu sekolah aplikasi ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server. Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Gambar berikut ini menunjukkan contoh konfigurasi jaringan pada aplikasi e-Rapor SMP

Aplikasi E-Rapor SMP

Jaringan e-Rapor dengan Kabel (LAN)

B. Alur Data pada e-Rapor SMP

Sebagaimana kita ketahui, aplikasi e-Rapor SMP ini terintegrasi dengan basis data pada Dapodik. Hubungan aliran data e-Rapor dengan Dapodik dapat dijelaskan seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:

Aplikasi E-Rapor SMP

Alur data e-Rapor ke Dapodik

Dapodik menyediakan data referensi pokok yang diperlukan oleh e-Rapor SMP, antara lain data sekolah, data siswa, data rombel, data anggota rombel, data guru mata pelajaran dan data pembelajaran. e-Rapor mengambil data referensi dari Dapodik melalui proses ambil data Dapodik yang dilakukan oleh admin e-Rapor.

Guru mapel, guru BK dan wali kelas melakukan input nilai ke aplikasi e-Rapor SMP. Admin mengirim data server lokal Dapodik melalui proses sinkron nilai ke Dapodik. Operator Dapodik mengirim nilai dari server lokal ke server Dapodik pusat melalui proses sinkronisasi.

C. Level Kewenangan Pengguna e-Rapor SMP

Di dalam e-Rapor SMP ini dikenal level pengguna (user) yang terdiri atas :

1. Admin
Admin adalah orang yang ditunjuk kepala sekolah untuk mengelola data pada aplikasi e-Rapor SMP ini dan bertanggung jawab kepada kepala sekolah.

2. Guru mata pelajaran
Guru adalah tenaga pendidik yang terdaftar di dalam data Dapodik dan berwenang memberikan penilaian terhadap kompetensi siswa sesuai mata pelajaran yang diampunya. Kompetensi yang dimaksud adalah pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual dan sikap sosial.

3. Guru bimbingan dan konseling
Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah tenaga pendidik yang terdaftar di dalam Dapodik dan berwenang untuk memberikan penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. Selain itu, guru Bimbingan dan Konseling bertugas memantau perkembangan nilai siswa dari semester ke semester.

4. Wali kelas

Wali kelas adalah tenaga pendidik yang terdaftar di dalam Dapodik dan berwenang melengkapi data rapor serta melakukan pencetakan rapor.

5. Siswa
Siswa adalah perserta didik yang terdaftar di dalam Dapodik dan berhak mengakses data pribadinya serta melihat nilai rapor. Dalam hal ini siswa tidak berhak untuk mengubah data yang ada.

6. Kepala Sekolah
Kepala sekolah penanggung jawab seluruh proses penilaian di sekolah. Kepala sekolah berwenang memantau seluruh proses penilaian yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan hak akses admin.

7. Orang tua/wali murid
Orang tua/wali murid berhak memantau nilai yang diperoleh putra/putrinya dengan menggunakan hak akses siswa

Nah itulah sedikit cuplikan tentang panduan Aplikasi E-Rapor SMP untuk penilaian Kurikulum 2013 SMP, untuk lebih lengkapnya silahkan download aplikasi E-Rapor SMP dan pendukungnya di bawah ini :

Baca Juga : 

Demikian yang admin bagikan tentang Aplikasi E-Rapor SMP Kurikulum 2013 Terintegrasi Dapodik, semoga bermanfaat.

Aplikasi E-Rapor SMP Kurikulum 2013 Terintegrasi Dapodik | Mas Aan | 4.5

Leave a Reply