Biaya PPG 2018 dalam jabatan untuk guru PNS dan Non PNS

Biaya PPG 2018 dalam jabatan untuk guru PNS dan Non PNS –¬†Bagi guru yang terundang dan terdaftar di SIM PKB sebagai calon peserta PPG selanjutnya mengikuti pretes PPG dan apabila dinyatakan lulus proses selanjutnya adalah mengikuti diklat PPG. bagi calon peserta PPG dalam jabatan 2018 bertanya-tanya tentang biaya PPG 2018, soalnya banyak brita yang mengatakan untuk biaya PPG sangatlah mahal, akan tetapi semua itu sudah dijawab melalui peraturan permendikbud nomor 37 tahun 2017 tentang sertifikasi bagi guru dalam jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015. (Download Permendikbud No 37 tahun 2018)

Penjelasan tentang Biaya PPG 2018 dalam jabatan

Biaya PPG 2018 berdasarkan Permendikbud nomor 37 tahun 2017, berikut penjelasannya untuk beberapa pasal tercantum di Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 tahun 2017.

Dijelaskan pada Pasal 8 tentang Biaya PPG dalam Jabatan 2018

  1. Pelaksanaan Program PPG dalam Jabatan sesuai dengan kuota nasional sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1) dibiayai oleh:
    a). pemerintah pusat;
    b). pemerintah daerah; dan/atau
    c). satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.
  2. Pembiayaan pelaksanaan Program PPG oleh pemerintah pusat pada ayat (1) huruf a tidak termasuk biaya pribadi.
  3. Pemerintah pusat dapat memberikan biaya pribadi Guru dalam Jabatan yang bertugas pada satuan pendidikan di daerah khusus ditetapkan oleh Menteri.
  4. Selain pembiayaan pelaksanaan Program PPG sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dan huruf c, pemerintah daerah dan/atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dapat menganggarkan biaya pribadi.
  5. Biaya pribadi pada ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) meliputi biaya transportasi, penginapan, konsumsi, dan keperluan pribadi lainnya.

Informasi tambahan tentang dokumen Persyaratan Pendaftaran PPGJ 2018:

  1. Formulir pendaftaran peserta PPG.
  2. Fotokopi ijazah S1/D4 yang sudah dilegalisasi oleh perguruan tinggi asal atau Kopertis untuk lulusan PTS yang sudah tidak beroperasi.
  3. Fotokopi SK pengangkatan sebagai PNS bagi guru PNS, SK GTY, atau SK dari Pemda bagi guru bukan PNS.
  4. Fotokopi SK pengangkatan sebagai guru bukan PNS (guru tetap pada satuan pendidikan tempat yang bersangkutan mengajar) dari Kepala Sekolah dan/atau yayasan.
  5. Surat pernyataan kesediaan mengikuti pendidikan dan meninggalkan tugas mengajar yang ditandatangani oleh yang bersangkutan dan Kepala Sekolah.
  6. Surat persetujuan/izin dari Kepala Sekolah dan diketahui Disdik.
  7. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
  8. Surat keterangan bebas napza dari instansi yang berwenang.

Download Permendikbud No 37 tahun 2017 DISINI


Baca juga :


Nah itulah sekilas informasi tentang Biaya PPG 2018 dalam jabatan untuk guru PNS dan Non PNS, semoga bermanfaat bagi calon peserta PPGJ.

Biaya PPG 2018 dalam jabatan untuk guru PNS dan Non PNS | Mas Aan | 4.5

Leave a Reply