Cara daftar PPG di SIM PKB sebagai peserta sertifikasi tahun 2018

Cara daftar PPG di SIM PKB tahun 2018 | Program kegiatan pendidikan profesi Guru atau sering kita sebut PPG saat ini sudah dibuka pendaftarannya melalui aplikasi SIM PKB dan hanya bisa dibuka menggunakan akun masing-masing guru. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 66 ayat (1) yang menyatakan bahawa bagi Guru Dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-1/D-IV tetapi belum memperoleh Sertifikat Pendidik dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Download Tata kelola Pendaftaran PPG 2018

Sesuai dengan Surat Dari Direktorat Jendral Guru serta Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan juga akan melakukan pendataan calon peserta PPG untuk Guru Dalam Jabatan. Cara daftar PPG di SIM PKB ini akan kami bagikan langkah-langkah proses pendaftaran secara detail sehingga untuk guru yang masuk dalam daftar program tersebut dapat mengikutinya.

Mengenai Kriteria untuk jadi Peserta PPG Dalam Jabatan yakni :

  1. Belum mempunyai Sertifikasi Pendidik
  2. Status Kepegawaian Guru (PNS/CPNS/Honor Daerah/GTY)
  3. TMT pengangkatan maksimum 2015
  4. Kualifikasi pendidikan harus D4/S1
  5. Umur maksimum 58 tahun pada tahun 2018

Cara daftar PPG di SIM PKB tahun 2018

untuk Cara daftar PPG di SIM PKB silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Login di Aplikasi Sim PKB data Individu PTK di http://simpkb.id
  2. Akan Muncul Pemberitahuan apabila telah memenuhi Persyaratan diatas tentang Pendataan Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan.
  3. Apabila Muncul Pemberitahuan Tersebut silahkan Pilih 2 Pilihan yaitu “Nanti Saja” Atau Pilih Baner Warna Hijau yaitu Mendaftar.
  4. Setelah memilih Pilihan Mendaftar, selanjutnya pilih kembali Banner Warna Hijau “Mendaftar Sekarang”.
  5. Selanjutnya akan ditampilkan Formulir Pendaftaran online Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan.
  6. Silahkan Isi dan Lengkapi Formulir Pendaftaran online Calon Peserta Program PPG Dalam Jabatan tersebut sesuai dengan Pilihan yang telah tersedia. Seperti ; Jenjang Mapel PPG Yang Diajukan, Bidang Studi PPG Yang Diajukan; Kualifikasi Pendidikan; Tahun tamat Ijazah S1; Jenis Studi pendidikan; Jurusan / Prog. Studi pendidikan; Fakultas; Nama Lengkap Perguruan Tinggi Penerbit Ijazah; Upload File Scan Ijazah Asli (Min. 100KB dan Maks. 1 MB dengan format JPG/JPEG/PNG).
  7. Setelah Selesai Mengisi dan Melengkapi Formulir Pendaftaran, selanjutnya klik Banner Lanjut.
  8. Apabila Berhasil akan ditampilkan Sekali lagi Hasil Pengisian Formulir Pendaftaran dan Upload Scan Ijazah asli (proses no.7) sebagai konfirmasi pendaftaran.
  9. Apabila Isian Formulir pendaftaran telah Sesuai silahkan klik banner warna hijau “DAFTARKAN”
  10. Akan ada Pertanyaan “Apakah Anda yakin data yang didaftarkan untuk Prog. PPG sudah sesuai?” Silahkan Klik Pilihan “YA”.
  11. Silahkan tunggu beberapa detik proses pendaftaran.
  12. Apabila Berhasil, anda akan disuguhkan pilihan “Cetak Bukti Ajuan” Atau “Batalkan Ajuan”.
  13. Dalam tahap ini Silahkan Klik Cetak Bukti Ajuan apabila anda benar-benar ingin mendaftar atau Batalkan ajuan apabila anda ingin memperbaiki kembali formulir pengajuan.
    Selesai.

Untuk Cara pendaftaran dan tata kelola Pengajuan PPG tahun 2018 silahkan bisa anda download DISINI

“Linieritas Kualifikasi S-1/D-IV dengan Program Studi PPG Dalam Jabatan bisa anda Download DISINI

Baca Juga :

Demikianlah Cara daftar PPG di SIM PKB tahun 2018 semoga bermanfaat untuk guru yang akan mengikuti PPG di tahun 2018 dan semoga bisa mendapatkan sertifikat pendidikan sehingga menjadi guru profesional.

Update Info Terbaru tentang Pendaftaran PPG 2018.

Bapak/ibu yang sudah mendaftarkan diri ikut PPG, agar selalu memantau hasilnya (Ditolak atau di terima) lewat akun masing-masing.
Yang di tolak ada Tiga kemungkinan:

1. Ditolak untuk diperbalki:
Disebabkan Ijasah Fotokopi, Scan terlalu kecil
sehingga tidak terbaca, yang discan Akta bukan ijasah, dan lain-lain. Alasan penolakan anda bisa dibaca sendiri di keterangannya. Pendaftar yang ditolak untuk dlperbalki dipersilakan mengulang pendaftarannya dengan melakukan perbaikan yang diminta.

2. Ditolak Permanen:
Disebabkan Ijasah tidak linier sesuai tabel linieritas dan dirjen GTK. Pendaftar yang ditolak permanen tidak bisa mengulang pendaftarannya. Alasan penolakan ada di keterangan

3. Ditolak Sistem:
Penolakan jenis ini jika dibaca di keterangan, TIDAK ADA ALASAN APAPUN, alias keterangan KOSONG. Hal ini disebabkan adanya perubahan mapel sertifikasi berdasarkan tabel linieritas di Dirjen GTK. Pendaftar yang mengalami penolakan ini dipersilakan
mengulangi pendaftarannya.
Ingat batas waktu pendaftaran hanya sampal tanggal 20 November, dan TIDAK ADA AMPUN’ bagi yang terlambat

Cara daftar PPG di SIM PKB sebagai peserta sertifikasi tahun 2018 | Mas Aan | 4.5

Leave a Reply