Cara mendapatkan NUPTK baru 2018

35
3346

Cara mendapatkan NUPTK baru 2018 – Pada kesempatan yang baik ini admin akan membagikan secara lengkap tentang “Cara mendapatkan NUPTK baru 2017/2018” untuk mendapatkan Nomor Unik Pendidikan dan tenaga kependidikan sebenarnya sekarang sangatlah mudah, tidak seperti jaman dulu, karena proses untuk mendapatkan NUPTK sekarang bisa melalui online saja asalkan memenuhi syarat sebagai penerima NUPTK, apa syarat untuk mendapatkan NUTPK baru ? itulah yang akan admin bahas pada kesempatan ini, silahkan baca dan ikuti secara seksama.

Pengertian Nomor Unik Pendidikan dan tenaga Kependidikan

NUPTK adalah Nomor Induk untuk seseorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK diberikan kepada semua Guru baik PNS ataupun Non-PNS yg memenuhi kriteria serta ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yg resmi untuk keperluan identifikasi dalam beragam pelaksanaan program serta aktivitas yang terkait dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru serta tenaga kependidikan.

Nomor Unik Pendidikan dan tenaga kependidikan terdiri dari 16 angka yg bersifat unik serta tetap. NUPTK yg dimiliki seseorang GTK tidak akan berubah kendati yg berkaitan sudah beralih tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian serta atau terjadi perubahan data yg lain.

Untuk Guru yg bisa mendapatkan NUPTK yaitu dengan meyakinkan data yg berkaitan sudah diinput dengan benar, lengkap dan valid didalam aplikasi Dapodik sesuai dengan keadaan yg sebetulnya. Sesudah melalui sistem verifikasi serta validasi (verval) GTK oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan, buat GTK yang memang belum juga mempunyai Nomor Unik Pendidikan dan tenaga kependidikan akan diusulkan ke sekolah induk GTK dengan system untuk diperlengkapi dokumen-dokumen yang sesuai kriteria untuk di kirim ke Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat lewat system Aplikasi Verval GTK untuk di verifikasi, sesudah lolos verifikasi oleh Disdik setelah itu dengan system juga akan diverifikasi oleh Ditjen GTK apabila selanjutnya dinyatakan lulus verifikasi maka PDSPK juga akan menerbitkan NUPTK untuk GTK itu.

Seperti yang admin kutip diatas cara pengajuan NUPTK baru untuk guru dan tenaga kependidikan baik sekolah formal ataupun non-formal, maka pastikan data GTK yg di-input oleh operator sekolah harus lengkap, benar serta valid supaya dalam proses pengajuan NUPTK baru di verval PTK bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Berikut Syarat mendapatkan NUPTK baru.

Syarat bagi Guru PNS/CPNS

  1. KTP
  2. SK Pengangkatan PNS/CPNS Asli (Buka Foto Copy)
  3. SK Penugasan
  4. Ijazah SD
  5. Ijazah SMP
  6. Ijazah SMA
  7. Ijazah S1

Syarat bagi Guru Non PNS, TK/PAUD, SD, SMP dan SMA

  1. KTP
  2. SK Bupati/Wali Kota/Gubernur
  3. Surat Tugas dari atasan langsung
  4. Ijazah SD
  5. Ijazah SMP
  6. Ijazah SMA
  7. Ijazah S1

Keterangan : Untuk syarat-syarat di atas adalah dokumen asli bukan foto copy.

Cara mendapatkan NUPTK baru 2017/2018

Nah itulah syarat-syarat dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum mendaftarkan di verval PTK, oke langsung saja sobat sekarang kita kelangkah-langkah proses pendaftaran atau pengajuan NUPTK baru di verval PTK.

Berikut Cara mendapatkan NUPTK baru 2017/2018

  1. Pastikan syarat-syarat dokumen diatas sudah dilengkapi, silahkan masuk ke Website resmi Verval PTK http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id
  2. Masukan user name dan pasword login dapodik yg sudah terdaftar di SDM Kemdikbud.
  3. Silahkan pilih menu “NUPTK” dan pilih calon “calon penerima NUPTK” maka akan muncul nama Guru yang akan didaftarkan sebegai penrima NUPTK baru 2017/2018.
  4. Klik nama PTK tersebut dan pilih Upload dokumen dibagian kiri atas.
  5. Sebelum mengupload berkas dokumen pastikan anda sudah men Scan file dokumen diatas dan format scan harus PDF, jika masih bingung cara merubah format file ke pdf silahkan sobat cari digoogle saja.
  6. Setelah dokumen-dokumen yg akan diupload sudah lengkap silahkan upload dokumen tersbut sesuai dengan nama file yang harus diupload.
  7. Terakhir silahkan sobat klik “Upload Dokumen” pada bagian bawah. selesai sekarang anda tinggal menunggu hasil verifikasi kabupaten, jika verval kabupaten disetujui maka ada harapan besar anda mendapatkan NUPTK.

{DOWNOAD} Panduan Verval PTK untuk mendapatkan NUPTK baru


Baca juga :


Demikianlah yang bisa admin bagikan tentang cara mendapatkan NUPTK baru 2017/2018, semoga informasi ini bermanfaat untuk guru yang akan mengusulkan Nomor Unik Pendidikan dan tenaga kependidikan baru, jangan lupa bagikan kepada teman-teman semua agar yang belum mendapatkan NUPTK cepat-cepat bisa mempunyainya. Trimakasih.

35 KOMENTAR

        • Tidak Pak, untuk guru honorer yang di Sekolah Negeri harus mempunyai SK dari Bupati, kecuali klw mengajarnya di sekolah swasta hanya SK dari yayasan saja. Berarti jika untuk guru honorer yang ada di Negeri ingin membuat NUPTK bisa melalui sekolah swasta terlebih dahulu, jika sudah jadi NUPTK nya bisa dimutasi ke sekolah negeri tersebut.

        • saya mau nanya mas aan…saya honor d tk swasta..sk yayasan saya punya tp saya honornya baru 2 th…apakah saya bisa mengurus NUPTK…?bagai mana carany?…mohon bantuannya?

          • Silahkan dibuka di verval PTK, apakah nama ibu sudah masuk daftar calon penerima NUPTK, jika sudah berarti bisa, silahkan lengkapi berkas-berkas syarat untuk pengajuan NUPTK baru.

      • Sya mau nanya mas sya honore sdh 7 thun apkh bisa sya dpt NUPTK, mslahx sya dlu thun 2012 pakai SK kepsek SK awal,. Dn sya dpt GTT propinsi SK dri gubernur ap bsa atau ngk oleh GTT mas tks

  1. Pak saya honor di sekolah negeri dari tahun 2009 sampai sekarang dan saya juga sudah memiliki SK bupati tapi sampai sekarang saya belum punya NUPTK dan saya sudah hub. Dinas pendidikan dan org dinas menyuruh langsung ke dapodik sekolah aja pak, saya sudah hub. dapodik sekolah ya jawabannya seperti biasa sabar karna belum ada keluar. . .
    Jadi berapa tahun lagi saya menunggu ya pak. . .
    Mohon bantuannya pak 😉

      • mohon maaf mas Aan, mau tanya, kita honorer di negeri tidak ada NUPTK, SK Walikota Pun tidak ada, untuk membuat NUPTK melalui jalur sekolah swasta setelah keluar, dipindahkan ke sekolah negeri, apa ada masalahnya Mas

  2. Aq dah punya NUPTK tp nama aq tdk sesuai diijazah kurang satu huruf, bgmn mmperbaikinya pak, mhn bntuanya.

  3. dataku sdh dibuatkan operatorku. tpi blum ada kejelasan dri tindak lanjut data yang dikirim. bmn solusi kedepanx pak??? saya sdh 3 tahun jdi pns tpi blum ada nuptk sampai sekarang. 🙁

  4. assalam. apakah untuk guru yang sdh mengajar dengan ijazah SMA tidak bisa diusulkan untuk memiliki NUPTK mulai mengajar tahun 2010 mas?

  5. Mohon solusinya, jika persyaratan nuptk sdh terlanjur diupload trus diketahui ada kesalahan, udah lapor ke admin prov agar dilakukan penolakan/pengcancelan tapi kenapa nama di daftar calon penerima UNPTK tidak muncul, apakah ada solusinya.? bagaimana caranya?

  6. Saya pernah ngajar di SDLB swasta 3 th blm punya nuptk,
    krn tdk linier sy trus sy teruskan pindh ngajar di sd negeri sdh 3 th, tp sy tdk punya sk bupati
    Ap bs sy ngurus nuptk menggunakan sk yayasan SDLB, sedangkan sy skarang sdh pindah ngajar di sd negeri

  7. saya juga gitu pak… trus dicansel dinas dan status yang semula dalam proses pengajuan kembali lagi menjadi calon penerima…. apload lagi di Aprove dinas dan sekarang nunggu di Aprove Gtk dan proses penerbitan

  8. saya siti jamilah. dari SD islam mawwadah udah 6 tahun menghonor diyayasan ini. berkas pengajuan dah sampai ke Diridjen. tp sampai sekarang udah satu semester belum keluar itu gimana pak Aan. mohon pencerahan

  9. saya Siti jamialah. dr Sd Islam Mawaddah. sudah 6tahunemghonor tp belum punya NUPT. km dah utus bahan sampai di Dirigjen. tp sampai sekarang belum keluar. mohon pencerahan pak Aan???

  10. Bagaimana cara mengganti nama atau mengeluarkan nama guru yg sdh keluar dari sekolah.tetapi namanya masih muncul untuk bisa mengajukan nuptk.

  11. Untuk pengajuan nuptk,stlh upload dokumen2 apa msh hrs mngirim berkas2 fisiknya ke dinas setempat? Krna sy sdh upload dokumen sebulan lalu tp smpai sekarang blm di approve dinas.trimakasih

  12. Mas Aan kasus saya seperti Diah diatas, saya mengajar di SMK Swasta saya sudah upload scan berkas, tapi kok operator sekolah bilang harus ngumpulin berkas persyaratan legalisir dan aslinya ke provinsi, dan setelah itu ke pusat? Apa benar? Saya sudah mengajar 6 tahun ini, dan semua syarat sudah ada
    Mohon pencerahan

    • Seharusnya tidak perlu, jika semua persyaratan sudah dipenuhi dan sudah di scan di upload tinggal tunggu aja dan pantau terus di verval PTK, pastikan data yang discan itu asli dan hasil scannya jelas.

  13. Mas Aan, sy mau tanya : “bagaimana dengan guru paud yg pendidikan terakhirnya hanya setingkat SMA, tapi status di verval ptk adalah calon penerima nuptk, apakah upload ijazahnya bisa sampai jenjang SMA. Padahal disana terdapat jenjang sampai S1.
    Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  14. Saya mo tanya apakah pengajuan NUPTK sekarang mengajukan langsung lwat dinas propinsi? Saya honor di sd negeri dari tahun 2010. Tp belum dapat NUPTK. Lihat di PTK syarat harus punya sk bupati sedangkan saya belum punya. Apakah sk bupati bisa di usulkan? Trima kasih

Silahkan tinggalkan jejak sobat untuk berkomentar terkait artikel di atas, biasakan membaca terlebih dahulu sebelum bertanya.